logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC dapat digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian diri sendiri. Dengan mengikuti tes DISC di NS Development, anda akan mendapatkan laporan kepribadian secara lengkap.

Tes DISC bukan menjadi hal asing lagi bagi beberapa orang, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang akan merekrut calon karyawan baru. Sudah jelas bahwa perusahaan pastinya selalu ingin memiliki karyawan atau pegawai yang handal dan berkompeten.

Sehingga salah satu tips untuk bisa memahami kepribadian seorang calon karyawan baru ini adalah dengan melakukan tes psikologi ini. Sebab dengan melakukan cara seperti ini, maka perusahaan bisa mengetahui dengan mudah bagaimana kepribadian serta bakat dari para calon pegawai baru.

Pentingnya Melakukan Tes DISC yang Bisa Mengenali Kepribadian

Sebuah tes kepribadian biasanya diadakan untuk memudahkan dalam mengetahui tipe kepribadian dari seseorang. Karena dengan mendapat pengetahuan seperti ini maka sangat membantu untuk menjalani kehidupan, terutama dalam bidang karir.

DISC sendiri merupakan sebuah alat penilaian pribadi yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja hingga kerja tim. Selain itu, DISC ini juga bisa mengukur kepribadian serta gaya perilaku seseorang secara mudah dan efisien.

Pada intinya bahwa tes ini berguna untuk memahami serta memasukkan berbagai macam tipe kepribadian yang ada pada sebuah perusahaan. Jadi perusahaan harus memiliki tenaga kerja yang sifatnya saling melengkapi dan bisa bekerjasama dengan baik.

Sehingga dengan demikian maka organisasi pun bisa berjalan sebagaimana mestinya dan seorang karyawan menjadi lebih termotivasi lagi. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk menerapkan tes seperti ini guna merekrut calon karyawan baru.

Manfaat Melakukan Tes

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh ketika melakukan tes DISC ini, sayangnya banyak yang belum mengetahuinya. Jika Anda salah satunya maka penting sekali untuk mengetahui dan memahami apa saja kegunaan maupun manfaat dari tes ini.

Pasalnya pemetaan kepribadian melalui tes ini sangat efektif untuk mendatangkan berbagai manfaat untuk diri sendiri dan lingkungan kerja. Sehingga karyawan yang paham benar akan dirinya jauh akan lebih mudah untuk bekerja sambil menggali potensi mereka masing-masing.

Tak hanya itu saja, melainkan juga memudahkan dalam pemetaan job desk rekan kerja berdasarkan hasil dari tes ini. Selain itu juga akan memudahkan dalam mengidentifikasikan potensi diri dalam menentukan jenjang karir yang sesuai.

Kemudian mampu untuk membangun lingkungan kerja yang lebih nyaman dan kolaboratif dan mengenal lebih dalam kelebihan dan kekurangan diri. Terakhir manfaat tes ini adalah bisa untuk mencari calon pemimpin baru yang potensial dan andal.

Tujuan

Tujuan dari penilaian tes DISC ini adalah memudahkan dan membantu Anda untuk memahami perilaku terkait pekerjaan Anda. Tak hanya itu namun juga bertujuan untuk memahami perilaku orang lain hingga mengelola bagaimana perilaku seseorang.

Kemudian melakukan tes seperti ini juga bertujuan untuk membantu para penggunanya dalam membangun serta memaksimalkan hubungan. Sehingga para pengguna tidak perlu lagi mengubah ciri kepribadian mereka dan tidak harus mengenai apa yang mendorong orang lain.

Dari kebanyakan kasus, maka penilaian tes ini juga digunakan dalam pengaturan berbasis tim. Selanjutnya mampu untuk mengidentifikasikan kebutuhan komunikasi individu dalam sebuah tim dan memfasilitasi resolusi konflik lebih baik.

Jadi tes kepribadian ini cocok untuk siapa saja yang ingin mendapat wawasan mengenai diri mereka sendiri alias kepribadian. Sehingga dengan demikian ini juga bisa meningkatkan pengetahuan diri serta bisa mengungkapkan keyakinan mereka.

Contoh Implementasi DISC Personality Test

Tes DISC ini juga memiliki peran penting untuk penerapan tempat kerja. Sebab hasilnya bermanfaat ketika komunikasi perlu ditingkatkan. Biasanya DISC ini lebih sering ditetapkan kepada calon pegawai atau karyawan baru perusahaan.

Selain itu, juga bisa diterapkan pada sesi interview kerja karyawan baru guna melihat potensi kepribadian seseorang. Bahkan tes seperti ini juga seringkali diterapkan pada skema pelatihan manajemen hingga kegiatan penjualan dan lain sebagainya.

Tes ini diterapkan dengan harapan supaya bisa mengetahui bagaimana kepribadian calon kandidat yang telah mendaftarkan dalam posisi tertentu. Hal ini sehingga akan menjadi pertimbangan penting bagi pihak HR guna menilai kandidat baru itu.

Meski demikian HR juga harus sudah memastikan rangkaian proses rekrutmen berjalan sebagaimana mestinya. Sebut saja seperti mulai dari perencanaan rekrutmen sampai dengan proses offering karyawan pula.

Kesimpulannya untuk memudahkan mengetahui kepribadian seseorang sebaiknya lakukan tes DISC ini. saja. Sekarang juga sudah ada banyak platform yang menyediakan tes ini, misalnya NS Development. Ini menjadi satu-satunya aplikasi psikotes online terpercaya dan terbaik.