logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Tes MMPI

Secara umum, skala tes MMPI dibagi 3 bagian yaitu skala Validitas, Skala Klinis dan Skala Penelitian. Ketiga skala ini telah tersedia didalam aplikasi tes MMPI yang dikembangkan oleh NS Development

Tes MMPI adalah tes psikologi yang paling banyak dipakai oleh psikolog dan psikiater dalam mengungkap keadaan psikologis (kepribadian). Secara umum, skala tes MMPI dibagi 3 bagian yaitu skala Validitas, Skala Klinis dan Skala Penelitian. Ketiga skala ini telah tersedia didalam aplikasi tes MMPI yang dikembangkan oleh NS Development. Berikut penjelasan ketiga jenis skala MMPI Tersebut.

Skala validitas terbagi menjadi beberapa skala yaitu skala L, skala F dan skala K. Skala ? digunakan untuk mengetahui berapa jumlah soal yang tidak dijawab oleh peserta tes. Skala L digunakan untuk mengetahui apakah seseorang tersebut berusaha untuk tampak baik / tidak jujur. Skala F, digunakan untuk mengetahui apakah seseorang itu berusaha tampil buruk atau bingung. Sedangkan untuk Skala K, digunakan untuk mengetahui seberapa senang orang itu dengan keadaan sekarang. Dalam aplikasi tes MMPI, skala Validitas ini dibuat tempat tersendiri agar mudah dipahami dan dibaca oleh psikolog, psikiater ataupun peserta tes.

Skala klinis dibagi menjadi skala 1, skala 2, skala 3, skala 4, skala 5, skala 6 , skala 7, skala 8, skala 9, skala 0. Skala 1 (Hypochondriasis scale) digunakan untuk mengetahui kesehatan sesorang. Skala 2 (Depression Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes mudah cemas ataupun pesimis dengan dirinya sendiri. Skala 3 (Conversion Hyteria Scale) digunakan untuk mengetahui apakah dia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri sendiri dengan baik. Skala 4 (Psychopathic Deviate Scale) digunakan untuk mengetahui tingkat penyesuaian sosial seseorang secara umum. Skala 5 (Masculinity-Feminity Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes tersebut kebingungan mengenai identitas gender dirinya sendiri. Skala 6 (Paranoia Scale) digunakan untuk mengetahui seseorang dengan kondisi paranoid. Skala 7 (Psychasthenia Scale) digunakan untuk mengukur phobia. Skala 8 (Schizophrenia Scale) digunakan untuk mengetahui apakah dia mudah menyesuaikan diri sendiri atau tidak. Skala 9 (Hypomania Scale) digunakan untuk mengetahui sisi emosionalitas seseorang. Skala 0 (Social Introversion Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes memiliki sifat introvert atau extrovert. Skala Klinis dalam aplikasi tes MMPI biasanya dibuat dalam grafik, yang menyesuaikan dengan norma skala tersebut.

Skala penelitian terbagi menjadi skala A, skala R, skala Mas, skala Es, skala Lb, skala Ca, skala Dy, skala Do, skala Re, skala Pr, skala St, skala Cn. Skala A (Conscious Anxiety Scale) digunakan untuk mengukur apakah peserta tes percaya kepada dirinya sendiri. Skala R (Conscious Repression Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes orang yang berhati hati ataupun spontan dalam hidupnya. Skala Mas (Manifest Anxiety Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes memiliki rasa cemas yang berlebihan. Skala Es (Ego-Strength scale) digunakan untuk mengetahui keegoisan dari seseorang. Skala Lb (Low Back Pain Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes tersebut mengalami ketidaknyamanan. Skala Ca (Caudality Scale) digunakan untuk mengetahui kestabilan mental seseorang. Skala Dy (Dependency Scale) digunakan untuk mengukur tingkat kemandirian seseorang. Skala Do (Dominance Scale) digunakan untuk menentukan seberapa besar tingkat dominan seseorang. Skala Re (Social Responsibility Scale) digunakan untuk mengetahui seberapa besar peserta tes siap menerima resiko dan konsekuensi dari sikap mereka. Skala Pr (Prejudice Scale) untuk mengetahui kadar toleransi peserta tes. Skala St (Status Scale) digunakan untuk mengetahui apakah peserta tes memiliki keyakinan dan motivasi untuk berubah menjadi lebih baik. Skala Cn (Control Scale) digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk mengontrol dan mengendalikan diri dan masalah.

Aplikasi tes MMPI NS Development dapat dipergunakan oleh psikolog, psikiater ataupun peserta tes yang ingin membaca karakter dirinya. Hasil dari aplikasi tes MMPI otomatis akan keluar dari sistem secara realtime setelah peserta tes menyelesaikannya tesnya. Hasil tes dengan menggunakan aplikasi tes MMPI berupa grafik dan deskripsi hasil tes. Bagi yang ingin menggunakan tes MMPI untuk keperluan tertentu (seleksi calon mahasiswa, seleksi karyawan rumah sakit, seleksi guru dan dosen, seleksi calon DPR, Anggo KPU/Bawaslu dll) dapat meminta surat rekomendasi hasil tes MMPI.

Ingin mengikuti tes MMPI Online? Anda dapat melakukan Registrasi Tes MMPI disini.