logo PT Nirmala Satya Development
mmpi test

MMPI test online dibuat untuk memudahkan para ahli profesional pada bidang mental health bisa melakukan diagnosis berbagai gangguan mental terhadap diri seseorang.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring majunya zaman, menyebabkan hampir segala aspek di dalam kehidupan saat ini beralih jadi digital. Tak terkecuali tes MMPI yang kini Anda bisa mengaksesnya secara online. Ya, MMPI test online ini mengkonversikan MMPI tes yang biasanya diselenggarakan secara konvensional sekarang beralih jadi basis digital.

Minnesota Multiphasic Personality yang merupakan kepanjangan dari MMPI ini adalah psikotes atau tes psikologi yang dilakukan dalam rangka untuk memberikan penilaian terhadap kepribadian serta psikopatologi seseorang. Adanya pemeriksaan tersebut punya maksud untuk mengetahui kondisi mental health (kesehatan mental). Dengan demikian, ahli profesional bisa menentukkan ada maupun tidaknya gangguan mental di dalam diri seseorang yang sedang melakoni tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory ini.

Kenal Lebih Dekat dengan MMPI Test Online untuk Mendiagnosis Mental Health

Inventaris Kepribadian Multifase Minnesota merupakan sebuah tes untuk penyaringan pra kerja yang dipakai di seluruh penjuru dunia. Tes MMPI ini dikembangakn di University of Minnetosa pada tahun 1930-an oleh Starke R. Hathaway dan jiga JC McKinley. Namun, tes MMPI ini baru dipublikasikan di tahun 1942 usai melewati berbagai macam perubahan guna menjadikan hasilnya lebih akurat. Ujian yang pada mulanya diterbitkan pada tahun 1943 ini, selanjutnya dilakukan pembaruan di tahun 1989 jadi tes MMPI-2 yang kini populer.

Untuk sekarang ini, MMPI test merupakan salah satu psikotes yang banyak dipakai dan sudah dilakukan adaptasi oleh lebih dari 40 negara di berbagai belahan dunia. Terdapat 2 versi tes yang lainnya, satu diperuntukkan kepada remaja, MMPI-A juga versi yang direstrukturisasi, yaitu MMPI-2-RF.

Tujuan Dilakukan Tes MMPI

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, MMPI test online merupakan sebuah psikotes yang diselenggarakan untuk menilai kepribadian serta psikopatologi dari si pelaku ujian MMPI ini. Dengan demikian, tujuan dilakukannya tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory ini adalah untuk mengetahui tentang keadaan kesehatan mental juga ada tidaknya gangguan mental terhadap seseorang yang menjalani tes ini. Orang yang berhak menentukan ada maupun tidaknya gangguan mental ini juga bukanlah sembarangan orang. Pasalnya, ia merupakan seorang ahli yang profesional di bidangnya.

Hal tersebut dikarenakan seorang ahli profesional sudah benar-benar paham serta mengerti mengenai keadaan mental seseorang. Dengan demikian, ia mampu memberikan diagnosa yang tepat dan benar. Lain halnya apabila yang menentukan bukanlah seorang ahli profesional, maka tidak menutup kemungkinan diagnosanya tidak benar alias salah. Nah, hal tersebut tentu saja bisa memunculkan sebuah permasalahan di masa mendatang.

MMPI test online ini juga dibuat untuk memudahkan para ahli profesional pada bidang mental health bisa melakukan diagnosis berbagai gangguan mental terhadap diri seseorang. Bukan hanya dipakai untuk keperluan psikologi klinis saja, namun tes MMPI ini juga bisa dipergunakan untuk berbagai kepentingan yang lain.

Sebagai contoh yakni tes MMPI dipakai pada berbagai kasus hukum kriminal serta permasalahan hak asuh. Selain itu, tes MMPI online juga bisa dipakai di dalam salah satu instrumen penilaian pada suatu proses seleksi pegawai baru di sebuah perusahaan. Terlebih lagi untuk profesi, jabatan, atau posisi tertentu yang pekerjaan dengan risiko cukup tinggi.

Timbangan Klinis MMPI

Timbangan klinis ini dirancang guna menyatakan dimana seseorang atau pelaku tes tersebut berada di 10 skala kesehatan mental yang berbeda.

Setiap skala pada MMPI test online berkaitan dengan pola atau keadaan psikologis yang tidak sama, namun terdapat banyak tumpang tindih antar timbangan klinis ini. Secara umum, skor yang sangat tinggi bisa mengindikasikan gangguan mental health pada diri seseorang.

Hipokondriasis (Skala 1)

Skala ini berikan sebanyak 32 item dan dirancang guna mengukur apakah Anda punya masalah yang tak sehat di dalam kesehatan Anda sendiri. Perolehan skor yang tinggi pada skala klinis ini adalah indikasi bahwa Anda mencemaskan kesehatan Anda, di mana pada gilirannya bisa mengganggu hidup Anda serta menimbulkan permasalahan di dalam hubungan Anda.

Depresi (Skala 2)

Pada skala ini punya 57 item yang digunakan untuk mengukur kepuasan dengan hidup Anda sendiri. Sebagai contoh, skor skala dua yang tinggi adalah indikasi bahwa Anda merupakan orang yang tengah menghadapi stres klinis atau kerap punya pikiran untuk melakukan bunuh diri.

Histeria (Skala 3)

Skala 3 ini terdiri atas 600 item dan mengevaluasi terhadap respon seseorang pada stres, termasuk gejala fisik serta respon emosional ketika sedang berada di bawah tekanan.

Penyimpangan Psikopat (Skala 4)

Skala klinis ujian tes MMPI-2 ini terdiri atas 50 item yang dipergunakan untuk mengukur perilaku juga sikap antisosial seseorang. Jawaban individu untuk item ini bakal mengungkapkan apabila will mereka mengalami psikopatologi.

Maskulinitas/Feminitas (Skala 5)

Tujuan asli dari bagian MMPI test online dengan 56 butir pertanyaan ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai seksualitas di dalam diri seseorang. Skala klinis ini berasal dari masa yang mana sejumlah ahli mental health memberikan persepsi bahwa ketertarikan dengan sesama jenis merupakan gangguan.

Paranoia (Skala 6)

Skala klinis ini mempunyai 40 pertanyaan untuk mengevaluasi gejala yang berkaitan dengan psikosis. Hal tersebut untuk memastikan apakah seseorang punya kecurigaan ekstrim terhadap orang lain, pemikiran hitam-putih yang kaku, pemikiran muluk-muluk, juga perasaan dianiaya oleh masyarakat.

Psikastenia (Skala 7)

Skala klinis ini terdiri 48 item yang mengukur depresi, kegelisahan, perilaku kompulsif, juga gejala gangguan obsesif-kompulsif.

Skizofrenia (Skala 8)

Skala 8 MMPI test online ini terdiri atas 7 item. Satu-satunya tujuan skala klinis ini yaitu untuk memperlihatkan apakah Anda punya atau kemungkinan besar bakal berkembang, gangguan skizofrenia.

Hipomania (Skala 9)

Tujuan dari skala 46 item ini yaitu guna melakukan evaluasi terhadap gejala yang ada hubungannya dengan hipomania, termasuk pidato cepat, energi tak terarah yang berlebihan, halusinasi, balap pikiran, impulsif, dan delusi keagungan.

Introversi Sosial (Skala 10)

Skala ini terdiri atas 69 item yang mengukur introvert atau ekstrovert. Timbangan klinis ini mempertimbangkan, seperti pemenuhan, daya saing, sifat takut-takut, dan keteguhan.

Bagaimana Hasil Tes MMPI yang Baik?

Pada umumnya, penilaian MMPI test online ini adalah indikator dari keadaan psikologis tertentu. Hal tersebut menjadikan sulit guna memastikan pola perilaku apa yang spektakuler untuk skor tertinggi. Akan tetapi, 65 dan diatas pada penilaian Inventaris Kepribadian Multifase Minnesota, kondisi psikologis ini dikatakan skor tinggi.

Nah, hasil tes MMPI ini datang sebagai laporan interpretatif. Skor diubah jadi T yang dinormalisasikan dengan skala mulai dari angka 30 sampai 120. Hasil tersebut diberikan bareng dengan psikotes yang lainnya guna mengkonfirmasi laporan MMPI test. Untuk penilaian, MMPI memakai 6 skala khusus yang dijadikan sebagai indikator validitas ujian.

Bergantung dari versi tes yang Anda ambil, Anda bisa menghabiskan antara 45 hingga 90 menit untuk menjawab soal tes. MMPI test online merupakan tes yang andal serta banyak dipergunakan. Namun profesional mental health yang baik tak akan membuat diagnosis hanya berdasarkan alat penilaian satu ini saja.

Lembaga penyelenggara psikotes online, MMPI Test Online adalah NS Development. Apakah anda berminat mengikuti tes MMPI? Silahkan langsung melakukan registrasi di NS Development untuk mengikuti Tes MMPI Online.