logo PT Nirmala Satya Development
tes MMPI Online

Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau MMPI merupakan tes psikologi yang dilakukan dengan tujuan menilai kepribadian serta psikopatologi seseorang

Tes MMPI online menjadi salah satu tes yang penting untuk dilakukan. Terdapat banyak manfaat yang akan kita dapatkan setelah melakukan tes tersebut. Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau MMPI merupakan tes psikologi yang dilakukan dengan tujuan menilai kepribadian serta psikopatologi seseorang.

Tujuan melakukan tes ini adalah mengetahui kondisi kesehatan mental. Mereka yang sudah ahli profesional bisa menentukan ada ataupun tidaknya gangguan mental yang terdapat pada diri seseorang setelah menjalani tes MMPI tersebut.

Tes MMPI ini pertama kali ada pada tahun 1937. Dahulu dilakukan oleh seorang ahli psikologi klinis yang bernama Starke R Hathaway. Walaupun terjadi pertama kali pada tahun 1937 tetapi tes ini mulai terkenal tahun 1943.

Pada saat publikasi tersebut tes ini sudah mengalami berbagai perubahan dengan tujuan supaya hasilnya lebih akurat. Bukan hanya untuk kebutuhan dalam urusan psikologi klinis saja.

Ke sini juga berfungsi untuk kepentingan yang lain. Sebagai contohnya adalah untuk kebutuhan kasus hukum, kriminal ataupun untuk menilai pembelaan dari tersangka. Tipe-tipe tes MMPI tersebut juga beragam.

Hasil Tes MMPI Online dan Hasilnya

Tipe yang pertama adalah tes MMPI-2 merupakan versi lama. Bahkan banyak digunakan sebab, banyak psikolog yang familiar dengan tipe yang satu ini. Tes ini terdiri dari 567 pertanyaan. Tipe ini juga merupakan tipe yang paling valid. MMPI-2-RF merupakan versi terbaru dari tipe yang sebelumnya. Pertama kali tipe tes ini muncul tahun 2008 yang terdiri dari 338 pertanyaan.

Tipe tes MMPI-A, khusus untuk para remaja. Tentu, tidak akan relevan hasilnya apabila digunakan oleh yang sudah dewasa. Tujuannya adalah untuk mengetahui karakteristik seorang anak serta remaja. Dalam melakukan tes tersebut nantinya responden diminta untuk mencapai beberapa pertanyaan. Berapa jumlah pertanyaan nantinya dijawab berdasarkan pada tipe tes MMPI tersebut.

Nantinya dari tes tersebut bisa diukur menggunakan parameter klinis. Hasil akan menunjukkan kondisi kesehatan mental responden. Semakin tinggi nilai ataupun skor dari tes tersebut maka semakin tinggi pula indikasi responden mengalami gangguan kesehatan mental.

Untuk mempermudah Anda memahami hasilnya berikut ini penjelasan mengenai hasil dari tes MMPI online.

Hipokondriasis

Untuk hasil tes MMPI online yang pertama adalah hipokondriasis. Bertujuan untuk menilai potensi gejala yang tidak spesifik serta yang mempunyai kaitan dengan fungsi tubuh.

Nantinya akan ada 32 pertanyaan yang berkaitan dengan masalah kesehatan fisik. Merupakan parameter yang sangat penting dalam tes ini. Sebab terkadang adanya gangguan mental yang tanpa gejala.

Kemudian yang kedua adalah depresi dengan tujuan menilai kondisi kesehatan mental pada saat itu. Akan ada 57 pertanyaan yang harus diisi berkaitan dengan depresi itu sendiri. Anda punya penilaian tersebut maka dilihat dari tidak adanya harapan pada masa depan, moral, ketidakpuasan dari responden terhadap kehidupan mereka sekarang ini.

Apabila nanti skornya tinggi berarti mengindikasikan bahwa responden itu benar-benar mengalami depresi.

Histeria dan Deviasi Psikopat

Selanjutnya hasil dari tes MMPI online adalah untuk menguji kesehatan secara menyeluruh Hysteria. Terdiri dari 60 pertanyaan serta terdapat 5 aspek yang harus Anda perhatikan. Aspek tersebut berupa rasa malu, neurotisisme, sakit kepala, kesehatan fisik yang buruk serta sinisme.

Setelah melakukan tes nantinya ahli medis akan mengidentifikasikan kecenderungan responden yang mendapatkan skor tinggi. Historia sendiri menunjukkan adanya gangguan kesehatan mental seperti halnya kecemasan dan paranoid.

Berbeda lagi dengan deviasi psikopat, hasil tes MMPI online ini lebih condong pada penilaian perilaku sosial responden. Contohnya adalah sikap yang tidak sesuai dengan norma sosial. Melakukan tes ini juga dapat memberikan informasi mengenai responden tersebut Apakah mempunyai masalah dengan orang lain atau tidak dengan terdapat 50 pertanyaan.

Paranoia dan Psychasthenia

Tak hanya itu saja tetapi ada juga paranoia. Tujuannya adalah untuk menilai adanya kecenderungan paranoia dari responden tersebut. Parameter ini terdiri dari 40 pertanyaan seputar sensitifitas, perasaan mudah curiga, merasa menjadi korban dan perilaku yang kaku.

Ada juga Psychasthenia. Untuk skala penilaian ini terdiri dari 48 pertanyaan. Akan memonitoring ketidakmampuan guna melakukan penolakan terhadap suatu aksi ataupun pemikiran. Untuk parameter ini bertujuan menilai rasa takut yang tidak wajar atau berlebihan. Selain itu juga berfungsi untuk menilai kesulitan responden dalam berkonsentrasi, kritik terhadap diri sendiri, dan perasaan bersalah.

Nah, guna mengetahui hasil tes MMPI online Anda tersebut, Anda bisa menggunakan platform terbaik dan terpercaya yakni NS development.