logo PT Nirmala Satya Development
Tes MMPI

Tes MMPI banyak digunakan untuk tujuan-tujuan klinis ataupun melihat profil kepribadian secara detail dan lengkap. Sebab fungsinya beragam, sehingga alat tes ini digunakan secara luas.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips tes MMPI yang benar agar 100% lolos. Tes MMPI singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory merupakan salah satu psikotes kepribadian yang sangat banyak digunakan di belahan dunia khususnya Indonesia sendiri.

Psikotes ini merupakan hasil kerjasama dari seorang psikolog dan psikiater bernama Starke R Hathaway PHD dan Dr JC Mckinley kedua-duanya berasal dari kampus Minnesota. Sekarang ini model tes yang digunakan di Tanah Air adalah Psikometri MMPI 2 yang diukur dalam tes MMPI ialah beberapa ciri mengukur memiliki sifat relatif mantap. Jadi dengan begitu prediktif dari tes cukup tinggi, sebab fokusnya adalah beberapa ciri kepribadian yang dalam periode waktu lama akan tidak berubah banyak.

Ketahui Tips Tes MMPI Beserta Penjelasannya!

Sebelum Anda mengetahui tips tes MMPI, yuk mengenal lebih dalam mengenai MMPI! Ya, tes MMPI adalah salah satu alat tes psikologi yang paling banyak digunakan untuk mengungkap kepribadian dan psikopatologi.

Tes MMPI banyak digunakan untuk tujuan-tujuan klinis ataupun melihat profil kepribadian secara detail dan lengkap. Sebab fungsinya beragam, sehingga alat tes ini digunakan secara luas.

Psikotes MMPI bisa memberikan pada psikolog dan perusahaan cenderung eksistensi gejala-gejala psikopatologi bisa muncul jika seorang tengah mengalami tekanan dalam tugasnya. Beberapa hal bisa dipandang dalam psikotes MMPI diantaranya tanda stres, keyakinan pada orang lain, keraguan/sensitivitas, skizofrenia, hypochondriacs, kekhawatiran, keraguan, serta pikiran obsesif.

Untuk penggunaan dikelompokkan pelajaran, tes ini dapat memprediksikan kecenderungan terdapatnya tingkah laku berbahaya, seperti pemakaian zat alkohol dan cenderung ketegangan pada suatu zat.

Tips Mengikuti Tes MMPI

  • Sediakan fisik yang fresh, sehat, jangan lupa sarapan dan tidur pulas malam awal mulanya.
  • Kuncinya terapkan kejujuran, santai, janganlah bohong, jangan grogi.
  • Sediakan alat tulis lengkap sebelum pergi ke tempat tes.
  • Janganlah terlalu dipikir dari setiap pernyataan. Baca saja sekali, langsung jawab. Sepakat atau tidak. Makin diulang, maka akan semakin mikir jadinya akan bingung mau menjawab apa.
  • Perhatikan info waktu di tiap pernyataan
  • Bersikaplah konsisten.

Penggunaan Tes MMPI

  • Evaluasi pasien gangguan jiwa untuk memantau status kesehatan mentalnya.
  • Tool guna menilai gejala dalam menentukan perawatan sesuai.
  • Penilaian kondisi pasien menilai progres terapi.
  • Alat penelitian epidemiologi menggunakan kriteria kepribadian.
  • Alat penilaian kepribadian untuk posisi publik seperti polisi, antara, pilot, pemadam kebakaran, calon bupati-gubernur-presiden, pejabat lain. 
  • Alat penelitian psikologi terutama menyediakan perbedaan kriteria kepribadian.
  • Alat psikologi penelitian terutama menentukan perbedaan kriteria kepribadian.
  • Evaluasi kesehatan mental orang tua.
  • Deteksi kesehatan mental tersangka NAPI (alat forensik kesehatan mental).
  • Profiling kepribadian untuk penggunaan di organisasi.

Tes MMPI Online Di NS Development

Setelah Anda mengetahui tips tes MMPI secara benar, selanjutnya untuk melakukan tes bisa menggunakan sebuah Aplikasi NS Development. Aplikasi NS Development adalah sebuah platform APP psikotes online terpercaya di Tanah Air.

Dengan berbagai fitur Aplikasi sehingga mendukung pelaksanaan tes secara online. Pelaksanaan tes bisa dilakukan secara individu maupun secara klasikal atau massal. Untuk alat tes dan laporan hasil tes telah disusun sesuai dengan norma baku hasil penelitian.

Telah dilakukan audit sistem oleh ahli berkomitmen di bidangnya. Apalagi dengan adanya sistem terintegrasi dalam aplikasi recruitment membantu membangun pusat data dan mempermudah pengambilan keputusan dalam proses recruitment.

Untuk masalah layanan bisa diakses melalui desktop atau mobile phone, hanya dengan menggunakan browser atau aplikasi Android. Berikut beberapa kelebihan dan keunggulan ketika melakukan tes MMPI di NS Development yang akan Anda dapatkan.

  • Mendapatkan fitur sesuai kebutuhan.
  • Unlimited database recruitment.
  • Aplikasi psikotes terpercaya.
  • Hasil psikotes atau psikogram sesuai form perusahaan.
  • Layanan free customize tools khusus perusahaan.

Tips tes MMPI agar lolos maka jangan lupa menerapkan tips dan cara yang telah dibahas diatas tadi ya. Selain itu juga tersedia fitur yang sangat lengkap dan canggih untuk digunakan para calon peserta tes. Apa saja fitur-fiturnya!

Valid & Reliable

Aplikasi NS Development menyediakan fitur Valid & Reliable dimana fitur ini akan membuat Anda mendapatkan alat tes digunakan ketika melakukan tes psikotes online atau MMPI. Lebihnya lagi, alat tes ini sudah sesuai dengan standar dan tervalidasi. Sehingga tidak perlu lagi diragukan.

Cepat & Akurat

Aplikasi NS Development juga menghadirkan fitur dengan hasil cepat dan akurat. Pasalnya, aplikasi psikotes ini mempunyai sistem bisa melakukan skoring secara langsung. Sehingga, setelah selesai melakukan tes, maka hasil akan otomatis keluar.

Customize Tools & Psikogram

HRD akan diuntungkan dengan menggunakan aplikasi NS Development. Mengapa begitu? Sebab terdapat fitur Customize Tools & Psikogram. Jadi dalam fitur ini semua alat tes atau psikogram bisa Anda sesuaikan dengan format perusahaan.

Terintegrasi

NS Development merupakan aplikasi recruitment sudah terintegrasi. Mulai dari Psikotes Online, Database Recruitment, Job Portal, terdapat dalam satu sistem. Menariknya lagi hanya dengan menggunakan satu Apalagi ini, pengguna akan sudah terhubung ke banyak Aplikasi lain lho.

Anda sudah tahu bukan tips tes MMPI menggunakan NS Development. Aplikasi Psikotes Online NS Development menyediakan Aplikasi khusus untuk pelaksanaan tes MMPI Online. Aplikasi ini bisa diakses melalui desktop (komputer/laptop) atau mobile phone (browser atau APP Android), bisa dipakai dimana saja dan kapanpun. Temukan kemudahan ikut tes online di NS Development dengan biaya terjangkau, sekali klik, Anda sudah bisa gitu tes. Hasil tes bisa diakses dalam waktu 1x24 jam.

Ingin Mengikuti Tes MMPI Online? Silahkan registrasi Tes MMPI Online.