logo PT Nirmala Satya Development
tes MMPI Online

NS Development sebagai vendor tes psikologi online siap menjadi wadah Anda dan masyarakat Indonesia. Tes MMPI Online dibuat dalam versi bahasa Indonesia

MMPI merupakan tes psikologi untuk mengetahui identifikasi psikopatologi. Nantinya hasil tes MMPI akan diberikan sebuah lembar soal untuk mengisinya dengan benar atau salah dari beberapa pernyataan. Dari sinilah akan terlihat hasil apakah orang tersebut memiliki gangguan jiwa, psikopatologi atau termasuk orang normal yang tidak menderita gangguan jiwa.

Tipe Tes MMPI Online

Sebelum melakukan tes tersebut Anda harus memahami beberapa tipenya terlebih dahulu. Hal ini demi kelancaran dan agar tidak terkejut ketika mengetahui hasilnya. Berikut adalah tipe tes yang masing-masing memiliki perbedaan.

Tes MMPI-2

Jenis pertama adalah MMPI-2 yang merupakan versi terlama dalam pemeriksaan. Walaupun begitu tes ini justru paling banyak digunakan oleh beberapa orang. Bahkan para psikolog justru paling familiar dengan tipe yang satu ini.

Bahkan sebagian ahli profesional bergeser dari tipe tes tersebut. Biasanya tes ini hanya dilakukan untuk orang dewasa. Terdapat 5687 pertanyaan dan dianggap memiliki hasil yang valid atau bisa dipercaya.

Tes MMPI-2-RF

Sementara berikutnya ada versi MMPI-2-RF yang lebih baik dari tipe sebelumnya. Tes ini pertama digunakan mulai tahun 2008. Pada tes ini terdapat 338 pertanyaan yang membutuhkan waktu lebih singkat untuk mengisinya.

Sebagian ahli profesional sudah mulai bergeser menggunakan tes tersebut. Pasalnya lebih banyak pembaruan dari tipe sebelumnya yang jauh lebih sempurna. Seiring berjalannya waktu banyak profesional yang mempercayakan pada tes ini.

Tes MMPI-A

Kemudian ada tipe terakhir yang mungkin jauh lebih bagus. Tes ini digunakan untuk para remaja. Bahkan tidak relevan apabila digunakan oleh orang dewasa. Tujuan dari tes ini untuk mengetahui karakteristik seorang anak dan remaja. Kedepannya pun membantu para ahli untuk menentukan rencana pengobatan apabila anak tersebut mengalami gangguan mental atau jiwa.

Tips Sebelum Melakukan Tes MMPI

Sebelum Anda melakukan tes MMPI Online bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

Persiapan Fisik

Menyiapkan fisik yang sehat dan fresh. Usahakan untuk selalu sarapan. Malam sebelum melakukan tes jangan begadang dan tidurlah dengan nyenyak agar fokus bisa terjaga dengan baik.

Tidak Berbohong

Jangan berbohong ketika menjawab pertanyaan pada soal. Mengingat bahwa tes tersebut telah dirancang untuk mengidentifikasi orang yang berbohong dan mencoba memanipulasi karakternya. Semua hal itu, akan terlihat ketika para ahli melakukan evaluasi antara jawaban dan pertanyaan.

Tidak Terlalu Berpikir

Usahakan untuk tidak terlalu berpikir. Banyak sekali pertanyaan yang harus Anda jawab pada tes MMPI. Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar semua pertanyaan terjawab dengan baik. Pelajari bacaan demi bacaan dan berhati-hati ketika memilih jawaban. Tafsirkan juga makna tiap pernyataan yang ada dalam pertanyaan.

Konsisten

Bersikap konsisten dengan pendirian Anda. Hal ini sangat penting ketika mengikuti tes MMPI. Pasalnya respon Anda akan dievaluasi untuk memeriksa konsistensi Anda. Selama ujian berlangsung akan diberikan beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban sama tetapi telah diucapkan dengan cara berbeda.

Kelebihan Tes MMPI

Ada beberapa kelebihan tes yang bisa Anda jumpai sebagai berikut.

  1. Memiliki item yang sangat banyak
  2. Interview klinis yang sangat terstruktur dan mudah dipahami.
  3. Untuk melakukan tes bagi psikolog dan psikiater tidak harus melakukan administrasi tes
  4. Memiliki inventori laporan diri
  5. Tersedia pilihan hanya ya/tidak
  6. Menggunakan sejarah panjang dengan literatur penelitian yang banyak
  7. Termasuk inventori kepribadian yang banyak digunakan oleh seluruh dunia.
  8. Memiliki terjemahan ke berbagai bahasa dunia.
  9. Terdapat lebih dari 250 skala atau sistem yang kini sedang berkembang dengan klinis yang berbeda
  10. Skala secara eksplisit tersedia untuk mengevaluasi validitas pelaksana. Hal ini dirangkum dalam bentuk "short form (370 item awal) terbatas atau kerjasama dengan testee.
  11. Memiliki versi tes khusus dengan desain masing-masing tergantung usia remaja dan dewasa.

 

Kekurangan Tes MMPI

Pada dasarnya, tes MMPI juga memiliki kekurangan. Misalnya sebagai berikut.

  1. Dalam hal ini klien atau testee harus menjalankan tes
  2. Lembar jawaban memang sedikit membuat peserta bingung bahkan susah
  3. Skala content overlap
  4. Mengandung isi yang berorientasi untuk mendalam pada psikopatologi.
  5. Untuk melakukan tes MMPI membutuhkan kemampuan baca yang teliti. Orang yang akan melakukan tes ini minimal memiliki pendidikan lulus SMP.

 

Nah, bagi Anda yang hendak melaksanakan tes MMPI online ini tak perlu bingung tempatnya. NS Development sebagai vendor tes psikologi online siap menjadi wadah Anda dan masyarakat Indonesia. Tes MMPI Online dibuat dalam versi bahasa Indonesia.