Cara Membaca Hasil Tes MMPI Secara Mudah

Tes MMPI banyak digunakan oleh psikiater dan psikolog di Indonesia, karena tes ini memiliki akurasi validitas dan reliabilitas yang tinggi, sehingga sangat terpercaya mampu mengungkap kondisi psikologis.
Cara Membaca Hasil Tes MMPI
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Tes MMPI adalah salah satu tes yang sangat penting untuk mengukur dan mendeskripsikan keadaan psikologis, khususnya yang mengalami masalah klinis (patologi). Tes MMPI banyak digunakan oleh psikiater dan psikolog di Indonesia, karena tes ini memiliki akurasi validitas dan reliabilitas yang tinggi, sehingga sangat terpercaya mampu mengungkap kondisi psikologis. Tes ini dipakai dibeberapa bidang pekerjaan, mulai dari profiling calon mahasiswa, profiling jabatan, rekrutmen, hingga penggunaan di ranah klinis.

Biasanya, hasil tes MMPI akan dikeluarkan berupa skala hasil pemeriksaan MMPI. Bagi seorang psikiater atau psikolog, membaca grafik hasil tes MMPI mungkin sangat mudah, dari melihat grafik, sudah dapat membaca kondisi psikologis orang yang bersangkutan. Tetapi sangat berbeda dengan peserta itu sendiri. Diberikan grafik hasil pemeriksaan MMPI, mereka akan bingung apa maksud dari hasil pemeriksaan tersebut.

Kebingungan membaca grafik hasil pemeriksaan tes MMPI ini adalah hal yang wajar, karena tidak semua orang memahaminya, dan tidak semua penyelenggara tes MMPI memberikan deskripsi hasil tes MMPI, yang menjelaskan grafik pemeriksaan. Salah satu lembaga psikotes online yang menyediakan deskripsi hasil tes MMPI (yang menjelaskan grafik) adala NS Development. Jadi anda yang mengikuti tes MMPI Online di NS Development, anda diberikan grafik hasil pemeriksaan tes MMPI beserta deskripsinya secara online. Tentunya dengan hasil yang realtime.

Pada artikel ini, kami akan membahas cara membaca hasil tes MMPI secara mudah, khususnya bagi orang awam.

 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBACA HASIL TES MMPI

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tes MMPI, yaitu jenis skala, fungsi skala dan ukuran skala normal dan abnormal (patologi).

Jenis Skala MMPI (1)

Pada dasarnya skala MMPI dibagi dua, yaitu skala klinis dan skala penelitian. Kedua skala ini memiliki peran yang sangat penting. Tetapi untuk melihat kondisi psikologi secara klinis, yang perlu diperhatikan adalah skala klinis. Dan terdapat juga skala viliditas, untuk mengungkap, apakah hasil tes yang telah dikerjakan valid (layak diinterpretasi) atau invalid (tidak layak).

Fungsi Skala MMPI (2)

Fungsi setiap skala di MMPI memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian psikometri, sebagian besar item pertanyaan MMPI memiliki fungsi yang tumpang tindih (overlap), sehingga satu skala dapat saja mengungkap kondisi yang sama dengan skala lainnya. Hal ini tidak menjadi masalah, tetapi menjadi penguat kesimpulan dari hasil tes.

Ukuran Normal dan Abnormal Skala MMPI (3)

Ukuran normal dan abonormal berdasarkan tes MMPI perlu dipahami. Berdasarkan grafik secara umum (skala klinis) skala normal bergerak dari score scale antara 30 hingga 70. Di bawah 30 atau diatas 70, akan terdeteksi abnormalitas. Tetapi ini untuk kesimpulan umum saja, dan terdapat pengecualian pada beberapa skala.

tes mmpi online

CARA MEMBACA HASIL TES MMPI

Seperti telah dijelaskan diatas, ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membaca hasil pemeriksaan tes MMPI, yaitu jenis skala, fungsi skala dan Ukuran standar Skala. Berdasarkan jenis skalanya, skala MMPI dapat digolongkan kedalam 3 skala yaitu skala validitas, skala penelitian dan skala Klinis.

Berikut akan dijelaskan cara membaca hasil tes MMPI secara detail, mulai dari skala validitas, skala penelitian hingga skala klinis.

 

SKALA VALIDITAS

Skala validitas mengukur kondisi jawaban peserta tes, apakah jawaban peserta tes valid atau tidak valid. Yang termasuk pada skala validitas adalah skala cannot say “?”, skala F, skala L dan skala K. Berikut penjelasannya.

1. Skala “?” (Cannot say)

Skala ini sebenarnya bukan benar-benar skala formal, tetapi sekedar merepresentasikan jumlah soal yang tidak dijawab. Sebaiknya peserta tes menjawab keseluruhan item pertanyaan.

Fungsi skala: Mengukur ada berapa soal pertanyaan yang tidak dijawab oleh peserta tes.

Ukurannya: Jika ada soal yang tidak dijawab, akan mempengaruhi kesimpulan. Bahkan jika jumlah soal yang tidak dijawab (kosong) lebih dari 10 nomor, hasil tes tidak layak untuk dilakukan interpretasi.

2. Skala F (False scale)

Skala F akan mengidentifikasi jawaban peserta tes secara atifikal (menyimpang/ngawur). Jadi skala ini akan mengidentifikiasi peserta tes apakah mengerti terhadap makna pernyataan atau tidak menangkap arti pernyataan / sengaja tidak mau membaca tetapi dijawab dengan asal mengisi.

Ukurannya: Jika score diatas 100, biasanya akan terdeteksi mengalami masalah psikologis berat (patologis).

3. Skala L (Lie scale)

Skala ini mengukur tingkat kebohongan dan kejujuran peserta tes dalam menjawab pertanyaan dalam menggambarkan kedaaannya pada saat tes.

Fungsi: Mendeteksi bohong atau jujur dalam menjawab

Ukurannya: Skor diatas 70 akan terdeteksi bohong, tidak jujur.

4. Skala K (Correction scale)

Skala K akan mendeteksi peserta tes sebesar positif atau negatifnya dalam mendeskripsikan dirinya. Skala ini menunjukkan sikap defensif, mengelak atau menghindar dari peserta tes. Fungsinya hampir sama dengan skala L, tetapi skala K lebih detail dan subtantif.

Ukurannya: Diatas 70 akan terlihat ingin tampil baik. Skor dibawah 30 ingin tampil jelek dari keadaan yang sebenarnya.

 

SKALA PENELITIAN

Ada beberapa yang termasuk dalam skala penelitian, diantaranya Skala A, Skala R, Skala Mas, Skala Es, Skala Lb, Skala Ca, Skala Dy, Skala Do, Skala Re, Skala Pr, Skala St, Skala Cn dan lain-lain.

1. Skala A (Anxiety scale)

Skala ini berisi pernyataan yang mengukur proses berpikir, emosi-emosi negatif, energi yang lemah, pesimis serta pemikiran yang negatif.

Fungsi skala: Mengukur tingkat kecemasan

Ukurannya: Skor diatas 70 menunjukkan sedang dalam keadaan cemas, lamban, pesimis tidak percaya pada orang lain.

2. Skala R (Repression scale)

Skala R berisi pernyataan yang mengambarkan kesehatan dan simtom fisik; emosionalitas, kekerasan, dan aktivitas; reaksi individu terhadap orang lain dalam situasi sosial; dominansi sosial , perasaan yang tidak adekuat serta minat pribadi dan vokasional.

Fungsi skala: Menggambarkan tingkat represi (meredam keinginan/hasrat)

Ukurannya: Skor diatas 70 menggambarkan pribadian yang penurut, lembut, lugu, lamban, konvensional, kurang lentur, dingin dan kaku. Skor dibawah 40 menujukkan pribadi yang super aktif dan antusias, agresif dan kasar.

3. Skala Mas (Mainfest anxiety scale)

Skala Mas terdiri dari pernyataan yang mengukurkan tanda-tanda kecemasan yang tampak seperti berkeringat, muka merah, gemetar, dan sebagainya.

Fungsinya: Mengukur manifestasi dari kecemasanUkurannya: Skor diatas 70 menggambarkan pribadi yang ekstrover, terbuka, suka pamer, petualang, asertif, percaya diri, suka bersaing dan suka menentang. Sedangkan jika score rendah akan menggambarkan pribadi yang introvert, tertutup, pemalu, konvensional, lugu, kurang percaya diri.

Lanjut halaman 2 >>>

psikotes online
Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory

Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)

Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) adalah salah satu tes kesehatan mental yang dapat menilai fungsi kepribadian, keada ...

Tes Psikologi MMPI

Tes Psikologi MMPI

Tes psikologi MMPI adalah salah satu alat tes yang paling banyak digunakan diseluruh dunia termasuk di Indonesia dalam mengidentifikasi ga ...

mmpi test

MMPI Test Online di Indonesia

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring majunya zaman, menyebabkan hampir segala aspek di dalam kehidupan saat ini beralih jadi ...

Tes Kejiwaan di Rumah Sakit

Soal Tes Kejiwaan di Rumah Sakit

Tes kejiwaan merupakan salah satu cara untuk mengetahui kondisi kejiwaan atau kepribadian seseorang. Tes ini merupakan tes yang tergolong ...

Tes MMPI

Tips Tes MMPI, Lulus dengan Mudah

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips tes MMPI yang benar agar 100% lolos. Tes MMPI singkatan dari Minn ...

Tes MMPI dan Pembahasannya

Tes MMPI dan Pembahasannya

Tes MMPI merupakan salah satu tes yang fenomenal dilihat dari usia dan fungsi penggunaan Tes MMPI. Tes MMPI telah ada dan digunakan sejak ...

Aplikasi Tes MMPI

Aplikasi Tes MMPI Terbaik

Tes MMPI adalah tes psikologi yang paling banyak dipakai oleh psikolog dan psikiater dalam mengungkap keadaan psikologis (kepribadian). Se ...

Simulasi Tes MMPI

Simulasi Tes MMPI, Persiapkan Diri sebelum Menghadapinya

Sangat penting bagi anda mengenal situasi medan perang sebelum terjun dalam peperangan itu sendiri. Dengan mengetahui medan, anda akan men ...

Gagal Tes MMPI

Gagal Tes MMPI, Kenali Penyebabnya

Tes MMPI merupakan salah satu tes psikologi yang paling luas penggunaannya khususnya dibidang klnis. Tes MMPI banyak digunakan oleh psikol ...

Tes Kejiwaan MMPI

Tes Kejiwaan MMPI Mampu Mengungkap Dinamika Kepribadian

Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah salah satu tes kepribadian yang mampu mengungkap dinamika kepribadian secara ...

Contoh Tes MMPI

Contoh Tes MMPI Online

Mungkin sebagian besar dari kita masih belum pernah melihat penampakan / ...

Cara Menjawab Tes MMPI

Cara Menjawab Tes MMPI yang Perlu Anda Ketahui

Tes MMPI merupakan salah satu alat tes yang tidak asing lagi ditelinga kita. Tes ini sering digunakan untuk mengungkap kesehatan mental. T ...

Biaya Tes MMPI

Biaya Tes MMPI Terjangkau Untuk Anda

Semua orang mengetahui bahwa tes MMPI merupakan salah satu tes psikologi yang paling populer yang banyak digunakan saat ini. Tes ini popul ...

Cara Membaca Hasil Tes MMPI

Cara Membaca Hasil Tes MMPI Secara Mudah (2)

Skala Mas terdiri dari pernyataan yang mengukurkan tanda-tanda kecemasan yang tampak seperti berkeringat, muka merah, gemetar, dan sebagainya.

< ...
Cara Membaca Hasil Tes MMPI

Cara Membaca Hasil Tes MMPI Secara Mudah

Tes MMPI adalah salah satu tes yang sangat penting untuk mengukur dan mendeskripsikan keadaan psikologis, khususnya yang mengalami masalah ...

Tes MMPI Online

Skala Validitas Tes MMPI Online yang Berpengaruh Terhadap Hasil Akhir

Skala validitas tes MMPI online ternyata merupakan bagian penting. Melakukan tes MMPI secara online mungkin seka ...

Tujuan Tes MMPI

Tujuan Tes MMPI yang Perlu Anda Ketahui!

Tujuan Tes MMPI sangat luas. Pada awal pengembangan tes MMPI (1940), tes berfungsi sebagai alat bantu dalam proses diagnosis psikiatr ...

Validitas dan Reliabilitas Tes MMPI

Validitas dan Reliabilitas Tes MMPI

Skala tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) sejak awal kemunculannya di tahun 1930, sudah memiliki validitas dan reliabil ...

tes MMPI Online

Hasil Tes MMPI Online Memiliki Banyak Fungsi dan Manfaat

Tes MMPI online menjadi salah satu tes yang penting untuk dilakukan. Terdap ...

tes MMPI Online

Apa Saja Persyaratan Tes MMPI Online?

Tes MMPI online bisa memudahkan Anda untuk melakukan tes psikotes online dan jelas memberikan banyak keuntungan ...

tes MMPI Online

Apa itu Tes MMPI Online dan Apa Saja Tipe Tesnya?

Tes MMPI online bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental dan ada ...

tes MMPI Online

Tes MMPI Online, Ketahui Tentang Sejarah dan Penggunaannya!

Apakah bisa mengerjakan psikotes MMPI secara online? Pertanyaan seperti ini ...

Tes MMPI Online

Ingin Tes MMPI Online? Berikut Persiapan untuk Menghadapinya!

Seiring majunya zaman dan semakin berkembangnya teknologi menjadikan hampir semua aspek kini beralih menjadi dig ...

tes MMPI online

Mengenal Tes MMPI Online untuk Diagnosis Kesehatan Mental

Tes MMPI online merupakan salah satu tes yang digunakan sebagai alat untuk mendiagnosis kesehatan mental seseorang. Sebenarnya, tes keseha ...

Tes MMPI Online

Aspek Skala Klinis Tes MMPI Online yang Perlu Anda Ketahui!

Sekarang ini untuk melakukan tes MMPI online sangat mudah sekali hanya membutuhkan jaringan koneksi internet saja. Tes MMPI atau sering di ...

Revisi Tes MMPI

Edisi Revisi Tes MMPI

Sejak kemunculannya pertama kali di tahun 1940-an, MMPI sudah mengalami revisi perbaikan dan adaptasi menjadi beberapa alat tes, sebut sam ...

Tes MMPI

Tes MMPI Online - Registrasi Tes

Anda sedang mencari layanan tes MMPI? NS Development tempat adalah yang tepat. Dengan dukungan dari ahli yang berpengalaman, disertai deng ...

Sejarah tes MMPI

Sejarah MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory)

Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) merupakan salah satu instrumen penilaian kepribadian yang paling banyak diteliti dan di ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.