logo PT Nirmala Satya Development
tes MMPI Online

Tes MMPI merupakan tes psikologi yang dipakai untuk mendiagnosa gangguan jiwa oleh psikiater, seperti gangguan seksual, gangguan anti sosial, kebohongan, gangguan depresi, dan sebagainya

Apakah bisa mengerjakan psikotes MMPI secara online? Pertanyaan seperti ini menjadikan orang-orang penasaran hingga pada akhirnya iseng-iseng googling dengan kata kunci tes MMPI online.

Anda bisa menemukan beberapa situs resmi yang menyediakan layanan psikotes ini secara online. Ya, sekarang ini MMPI alias Tes Inventarisasi Kepribadian Multiphasic merupakan salah satu ter terbaik untuk memeriksa gangguan mental atau jiwa seseorang.

Tes MMPI merupakan tes psikologi yang dipakai untuk mendiagnosa gangguan jiwa oleh psikiater, seperti gangguan seksual, gangguan anti sosial, kebohongan, gangguan depresi, dan sebagainya. Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) ini berupa ratusan pertanyaan dengan alternatif opsi jawaban yaitu setuju (+) serta tidak setuju (-).

Sehingga, ketika melakukan tes, badan harus dalam keadaan sehat dan fit lantaran butuh ketahanan serta konsentrasi tinggi di dalam menjawab tiap-tiap pertanyaan. Kejujuran merupakan tips dan kunci menjawab tes MMPI ini.

Tes MMPI Online, Ini Sekilas Tentang Sejarahnya!

Tes MMPI ini terbit pada tahun 1940 silam. Developer dari MMPI ini yaitu R. Starke Hathaway, PhD., serta JC. McKinley, MD. Tahun 1940 hingga 1943 dilakukan penyusunan memakai sampel yang keluar baik jumlah item maupun pengentasan terhadap sejumlah orang yang normal.

Jawaban dari pertanyaan psikotes MMPI ini cukup gampang dengan pilihan YA, TIDAK, atau TIDAK TAHU. Dari seribu  item yang disajikan dengan memakai criterion keying tes construction. Secara empiris item valid yang dipilih untuk melakukan penyusuan konstruk MMPI. MMPI adalah hak cipta yang asalnya dari University of Minnesota.

Pada tahun 1930 MMPI ini dikembangkan di Universitas Minnesota sebagai alat tes kepribadian yang komprehensif serta serius, sehingga bisa dipergunakan untuk mendeteksi masalah mental atau kejiwaan.

Keberadaan Tes MMPI

Popularitas dari MIMPI ini hingga sekarang ini masih sangat dipercaya, terutama di Indonesia sebagai alat resmi untuk mendiagnosa gangguan kejiwaan yang dilakukan oleh psikiater. Pada bidang psikologi, alat inventori tes MMPI online ini tak kalah populer dengan alat-alat tes yang lain.

Kemungkinan besar, lantaran alat ini dinilai hanya untuk mengukur kecenderungan gangguan kejiwaan serta jumlah item yang dirasa sangat banyak, sehingga para psikolog cenderung mengabaikannya.

Padahal, selain pemakaian secara klinis, alat ini sejak dulu telah diakui untuk mengukur fit serta proper test oleh psikiater kepada klien yang menduduki suatu jabatan. Sehingga alat ini tak selamanya dipergunakan untuk melakukan diagnosa gangguan kejiwaan saja, tetapi bisa melihat gambaran kepribadian dari seseorang.

Terutama dinamika psikologis yang berhubungan dengan aspek kesehatan mental atau jiwa secara umum.

Penggunaan Tes MMPI

Pada tahun 1972, Butcher & Dahlstrom memulai revisi tes MMPI dan MMPI-2. Kemudian penelitian ini terus berlanjut hingga awal era tahun 1990-an. Awal mula terciptanya psikotes MMPI ini banyak dipakai sebagai alat kontemporer pada bidang psikologi guan mengukur kesehatan mental dengan didasarkan praktek kesehatan secara umum.

Selama beberapa dekade dengan berbagai macam penelitian hingga pada MMPI-2 (termasuk MMPI-2 RF) pemakaian MMPI bervariasi di dalam melakukan diagnosa kesehatan mental. Dengan berbagai setting termasuk konteks di luar kesehatan mental secara umum.

Seperti alat untuk menyeleksi karyawan, program pendeteksi pemakaian obat terlarang atau alkohol. Secara umum, tes MMPI online bisa dipergunakan untuk:

  1. Melakukan evaluasi terhadap pasien gangguan jiwa untuk membantu status kesehatan mentalnya.
  2. Sebagai alat untuk menilai simptom dalam rangka menentukan perawatn yang sesuai.
  3. Alat untuk menilai pasien guna melakukan perencanaan perawatan.
  4. Tes MMPI sebagai evaluasi efek dari terapi atau kepribadian.
  5. Sebagai alat penelitian epidemiologi yang memakai kriteria kepribadian.
  6. Tes MMPI online merupakan alat penilai kepribadian untuk berbagai kepentingan posisi, seperti tentara, polisi, pilot, pemadam kebakaran, calon presiden-gubernur-bupati, dan juga jabatan-jabatan yang lain untuk melihat kesehatan kejiwaannya.
  7. Alat penelitian psikologi, terutama untuk penentuan perbedaan kriteria kepribadian.
  8. Merupakan alat penelitian genetika kepribadian.
  9. Sebagai alat penelitian dengan konteks budaya yang berbeda.
  10. Untuk mengevaluasi kesehatan mental orang tua.
  11. Sebagai alat evaluasi kesehatan mental tersangka (alat forensik kesehatan mental).

Ada sejumlah skala MMPI dengan berbagai macam desain fungsi yaitu, skala klinis, skala validitas, skala content, scale subscales, dan juga skala supplementary.

Penyedia Layanan Tes MMPI Online Terpercaya

Nah, jika Anda kerap memakai MMPI sebagai salah satu alat untuk assessment psikologi, NS Development menghadirkan Tes MMPI secara online untuk mempermudah Anda.

Tes MMPI ini merujuk pada skala adaptasi versi Departemen Kesehatan. Psikotes MMPI NS Development hadir dengan berbagai kelebihan seperti bisa diakses secara online, administrator dapat mengatur akses peserta, jumlah peserta tes tidak dibatasi, dan sudah tersedia psikogram.

Untuk hasil tesnya pun lebih akurat, lantaran semua dikerjakan oleh sistem sehingga bisa meminimalkan human error dan hasilnya bisa diakses secara realtime. Tes MMPI online ini bisa diakses via browser, aplikasi Play Store, mobile, maupun desktop.