logo PT Nirmala Satya Development
tes MMPI Online

Tes MMPI menggunakan 566 pernyataan yang perlu untuk Anda jawab. Pesertanya akan diminta melakukan pengisian benar atau salah untuk setiap pernyataan yang diberikan

Bagi sebagian orang perlu menjalani Tes MMPI Online untuk mengetahui kondisi kejiwaan. MMPI merupakan suatu tes psikologi yang dilakukan untuk mengidentifikasi psikopatologi terhadap seorang subjek. Tes MMPI ini menggunakan 56 pernyataan yang perlu untuk Anda jawab. Pesertanya akan diminta melakukan pengisian benar atau salah untuk setiap pernyataan yang diberikan.

Dengan begitu akan mengetahui subjek tersebut memiliki gangguan jiwa atau psikopatologi. Bahkan mengetahui bahwa objek tersebut termasuk orang normal yang tidak menderita gangguan jiwa. Hal yang diukur dari tes ini yakni ciri-ciri kepribadian dan yang sifatnya relatif menetap atau Personality Traits. Oleh karena itu, nilai prediktif dari tes ini cukup tinggi. Sebab, fokusnya yakni ciri-ciri kepribadian untuk jangka waktu yang lama tidak akan berubah banyak.

Saat menjalani tes ini tidak membutuhkan peralatan banyak. Namun hanya sebuah buku yang berisi 566 pernyataan beserta pedomanya. Selain itu, membutuhkan lembar jawaban dan tempat yang nyaman untuk dapat bekerja.

Ketahui Tips Mengerjakan Tes MMPI Online

Saat Anda bersiap-siap untuk menjalani tes MMPI ini, maka ada beberapa hal penting yang perlu dipahami. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda mencapai hasil terbaik.

Pastikan untuk menyiapkan fisik yang fresh dan sehat terlebih dahulu. Sebelum berangkat, jangan lupa sarapan dan tidur nyenyak saat malam. Hal penting lainnya yakni tidak berbohong.

Tes ini memang dibuat untuk mengidentifikasi setiap orang yang berbohong. Bahkan juga untuk mencoba dan menggambarkan dirinya berbeda dari yang sebenarnya lakukan. Sehingga Anda harus selalu jujur.

Pastikan juga tidak terlalu banyak berpikir. Memang ada banyak pertanyaan dari tes MMPI online, namun waktu untuk menjawabnya terbatas. Anda perlu pelajari cara membaca jawaban potensial dengan hati-hati.

Selanjutnya berikan respons pertama yang masuk ke kepala. Saat mulai berpikir terlalu banyak atau mencoba menafsirkan maknanya, Anda tidak hanya akan kehilangan banyak waktu berharga. Namun jawaban Anda mungkin dianggap menipu.

Penting untuk bersikap yang konsisten dalam tes MMPI. Sebab, respons Anda akan dievaluasi dalam pemeriksaan konsistensi. Selama tes, Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang sama, tetapi pengucapannya sedikit berbeda. Salah satu cara terbaik yakni dengan membaca dengan cermat dari setiap pertanyaan.  

Sebenarnya persiapan untuk tes MMPI online ini sifatnya lebih teknis daripada akademis. Tidak seperti tes perekrutan lainnya, Anda mungkin tidak perlu mempelajari subjek tertentu. Cara terbaik dalam mempersiapkan ujian tes ini yakni dengan lebih meningkatkan kesadaran diri.

Selain itu, Anda perlu membangun kecerdasan emosional. Pastikan untuk meluangkan waktu beberapa jam setiap harinya untuk menjawab pertanyaan yang memberi tahu Anda sebenarnya.

Tentu saja mengembangkan kecerdasan emosional Anda yakni dengan lomba lari maraton, bukan lari cepat. Anda juga dapat mencapai tes ini dengan melatih pikiran agar lebih kuat. Selain itu, persiapan lulus tes juga harus memperhatikan kesehatan psikologis Anda selama ini. Pastikan untuk selalu mengajar diri Anda sendiri untuk menghadapi setiap masalah yang terjadi.

Hasil Tes MMPI yang Baik

Penilaian tes MMPI online dianggap sebagai indikator signifikan dari kondisi psikologis tertentu. Hal ini membuatnya sulit untuk memastikan pola perilaku yang spektakuler untuk skor tinggi. Namun, 65 tahun ke atas dalam penilaian MMPI mengenai kondisi psikologis disebut penilaian tinggi.

Untuk hasil tes MMPI-2 menjadi sebuah laporan interpretatif. Skornya diubah menjadi skor T yang dinormalisasi, skalanya mulai dari 30 hingga 120. Pemberian hasil tes ini biasanya bersamaan dengan tes psikologi lainnya untuk mengkonfirmasi laporan tes MMPI. Untuk penilaiannya, MMPI menggunakan enam skala khusus. Hal ini yang berfungsi sebagai indikator validitas uji.

Apabila Anda mengikuti tes latihan MMPI bisa sangat bermanfaat agar dapat lulus tes ini. Namun, sepertinya tidak mungkin menjumpai banyak tes MMPI online gratis untuk latihan harian Anda. Sebab, umumnya tes ini akan diambil di bawah pengawasan psikolog berlisensi.

Saat ini Aplikasi Psikotes Online NS Development menawarkan aplikasi khusus untuk pelaksanaan tes MMPI Online. Anda dapat mengunjungi www.nsd.co.id/tes-mmpi-online dan lakukan tes MMPI lebih mudah.